oleh

Tuntutan Profesionalisme Yang Berkualitas

 

BLANGKEJEREN, MEDIA CENTER  – Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru, membuka Latihan Dasar CPNS Golongan II dan III sebanyak 315 orang, Kamis (31/10/2019) di Gedung Balai Latihan Keterampilan, Desa Lempuh, Blangkejeren.

Bupati dalam kesempatan itu mengatakan, di Era pemerintahan saat ini harapan dan tuntutan masyarakat terhadap sosok birokrasi sangat besar.

Ada lima point yang menjadi tuntutan di era sekarang, “Pertama, tuntutan profesionalisme, tuntutan kinerja yang berkualitas, dengan output kerja yang memuaskan bagi masyarakat, kedua, tuntutan solusi terbaik yang strategis dan aktual sebagai respon atas kebijakan dan permasalahan yang muncul, ketiga, tuntutan untuk memperkokoh kerja yang solid dan sinergis di berbagai lapisan penugasan, keempat, tuntutan untuk lebih inovatif, kreatif dan responsif terhadap berbagai keadaan, kelima, tuntutan kondisi prima para aparatur sipil negara yang mengabadi sesuai dengan kompetensinya.

Selain itu, dijelaskan Bupati, pelatihan dasar ASN daerah dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian, dan etika PNS. Kemudian pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara serta bidang tugas dan budaya organisasi.

Diharapkannya, setelah mengikuti pelatihan dasar ASN agar dapat diimplementasikan dalam menjalankan tugas sehari-hari di kantor masing-masing.

” Ikutilah Latsar CPNS ini dengan sebaik-baiknya, ini adalah proses belajar mengajar untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional,” kata Bupati.

Sambungnya, dengan dilandasi kepribadian dan etika ASN sesuai dengan kebutuhan instansi, memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, pemberdayaan masyarakat. jadikan Latsar ini adalah tempat belajar mengolah kemampuan agar memiliki aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan serta kesatuan bangsa.

Sementara, Kepala BKPSDM Gayo Lues, Sartika Mayasari, melaporkan pelaksanaan Latsar CASN selama 72 hari dengan sistem on/off Kampus, terdiri dari 21 hari on kampus dan 30 hari off kampus. Dengan menyediakan tiga lokasi antara lain Balai Latihan Keterampilan Desa Lempuh, Pondok Indah Porang dan Hotel Tawar Dingin Desa Bustanussalam.

Dirincikannya, peserta CPNS Kabupaten Gayo Lues berjumlah 315 orang dengan delapan angkatan, yang berasal dari Kabupaten Gayo Lues 204 orang, satu orang mengundurkan diri karena sakit, kota Langsa 66 orang, Aceh Selatan 26 orang, Kota Sabang 17 orang, dan Aceh Tenggara 2 orang.

“Melihat dari banyaknya peserta Diklat dari luar Kabupaten Gayo Lues menjadi kebanggaan tersendiri Kabupaten Gayo Lues, karena mampu menampung dan menyelenggarakan Diklat sebesar ini, untuk itu melalui kesempatan ini, kami memohon kepada bapak Bupati Gayo Lues agar kiranya kedepan mampu memprioritaskan pembangunan sarana Diklat untuk Kabupaten Gayo Lues,” ujarnya.
Masih kata Sartika, Kabupaten Gayo Lues pada tahun 2019 telah menjadi pilot project di seluruh wilayah provinsi Aceh sebagai Kabupaten pertama yang menerbitkan Peraturan Bupati (PERBUB) tentang Diklat satu pintu.

Kontributor : Abdi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed