Penanaman Perdana Proram Pemberdayaan Ekonomi Seco

  • Whatsapp
UPDATE COVID-19 NASIONAL

Global

Confirmed
240,687
+4,168
Deaths
9,448
+112
Recovered
174,350
Active
56,889
Last updated: 19 September 2020 - 10:23 pm (+07:00)

Gayo Lues. Mediacenter – Untuk menjaga ketersediaan pangan dan membangkitkan ekonomi masyarakat yang sempat melemah di tengah pandemi Corona (Covid-19), pemerintah kabupaten Gayo Lues telah meluncurkan program pemberdayaan ekonomi sela covid, atau disingkat Program “Seco”.

Program pemerintah yang dimotori Dinas pertanian itu, mengarah ke bidang budidaya tanaman yang terbagi dari 8 (delapan) jenis komoditi unggulan, diantaranya, budidaya Bawang merah, Cabai Rawit madun, Padi, Jagung, Kacang Merah, Tembakau, Jahe serta Ikan.

Disampaikan Wakil Bupati Gayo Lues H. Said Sani, Sebagai landasan dalam menjamin serta menjaga ketahanan pangan dan stabilitas ekonomi masyarakat tersebut, Pemerintah kabupaten mengeluarkan surat keputusan Bupati Nomor 500/54/2020 tentang pemerdayaan ekonomi masa darurat covod-19 di Kabupaten Gayo Lues.

“Sasaran perogram ini merupakan masyarakat kabupaten Gayo Lues yang memiliki lahan”, sebut Wabub Said Sani.

Untuk menjalankan program seco tersebut, pemerintah mengandeng TNI/Polri sebagai pengawas di dapangan. Dan secara bersamaan antara Mentri Pertanian RI dan TNI juga sudah membuat MoU dalam program pembangunan pertanian dan mewujudkan ketersediaan pangan secara nasional.

“Denagan adanya MoU antara Distan dan TNI tentang ketahanan pangan, kita harap program seco ini tepat sasaran dan tepat waktu”, sebut Said Sani.

Sejauh ini, dari 8 (delapan) jenis komuditi yang akan dibudidayakan, Dinas pertanian Gayo Lues baru menyalurkan 3 jenis bantuan saprodi diantaranya saprodi Bawang merah, cabai, dan jagung.

Meski demikian, tidak tanggung-tanggung, sebagai bentuk dukungan TNI dalam menjalankan program seco, Pangdam Iskandar Muda (IM) Mayor Jendaral Hasanudin S. I. P, MM langsung turun ke kabupaten Gayo Lues dalam rangka melakukan tanam perdana jagung di lahan Demplot.

Selain Jendral TNI bintang dua itu, tanam demplot jagung yang berlokasi di Desa Sentang, kecamatan Blangkejeren, turut dihadiri pejabat penting lainya, yaitu Danrem 011/Lilawangsa, Dan POM, Dandim Gayo Lues, Kapolres Gayo Lues, serta pejabat penting lainya dilingkungan pemkab Gayo Lues.

Dalam kesempatan ini, Pandam IM Mayor Jendaral Hasanudin S. I. P, MM juga menyambut baik program seco yang digagas oleh pemerintah Kabupaten Gayo Lues.

Ia menuturkan, jajararan Pangdam Iskandar Muda bersama anggota hinga ke tingkat babinsa siap mendukung dan mengawsai program ini. Diharapkannya, agar pemberdayaan ekonomi masyarakat melaui sektor pertanian itu tidak hanya dijadikan sebagai sremonial semata namun mampu menjaga stabilitas ekonomi masyarakat. (J.porang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *