Bupati Gayo Lues Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan

  • Whatsapp
UPDATE COVID-19 NASIONAL

Global

Confirmed
125,396
+1,893
Deaths
5,723
+65
Recovered
80,952
Active
38,721
Last updated: 9 Agustus 2020 - 6:34 pm (+07:00)

Gayo Lues. Mediacenter – Bupati Gayo Lues, H.Muhammad Amru resmi membuka acara kegiatan Musawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan untuk penyusunan rancangan RKPK Gayo Lues tahun 2021 di Kecamatan Dabun Gelang.

Acara yang bertema Meningkatkan Kualitas SDM dan Membuka Akses Pasar Dalam dan Luar Negeri yang Diintegrasikan dengan Sektor Pariwisata Menuju Gayo Lues yang Islami, Mandiri dan Sejahtera tersebut digelar di halaman kantor camat Dabun Gelang, Senin (17/02/2020).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, Musrenbang yang dilaksanakan hari ini, merupakan proses tahapan perencanaan dalam menyusun RKPK Gayo Lues pada tahun 2021,dan berfungsi untuk menyelaraskan rancangan RKPK dengan usulan masyarakat.

“Musrenbang merupakan instrumen penting dalam perencanaan dan penganggaran partisipatif. Semua dapat kita wujudkan bila seluruh pemangku kepentingan di Gayo Lues memberikan perhatian serius dan optimal serta secara aktif terlibat di setiap rangkaian prosesnya,” ujarnya.

Bupati menekankan, setiap perencanaan pembangunan yang dirancang jangan hanya menyelesaikan permasalah saat ini, namun juga harus mampu untuk mengantisipasi permasalahan yang akan datang. Untuk itu lanjutnya, diperlukan kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan yang ada disekitar.

Butuh komitmen untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan tersebut, namun harus sejalan dengan penanganan yang komprehensif, inovatif dengan menerapkan prinsip berkelanjutan dan penanganan yang terintegrasi yang tidak parsial.

“Pelaksanaan Musrenbang diharapkan bisa menjadi sarana kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan dan sinergitas, sehingga dapat mewujudkan visi dan misi Kabupaten Gayo Lues yang Islami, Mandiri dan sejahtera,” tandasnya.

Camat Dabun Gelang Roni Ismunandar dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan merupakan suatu amanah dari peraturan UU, di mana kegiatan tersebut bertujuan mengikutsertakan peranan seluruh masyarakat, mulai dari musdes hingga sampai ke musyawarah pembangunan daerah hingga Nasional.

“Sebagai gambaran kecamatan Dabun Gelang terdiri dari 11 Kampung, 9 Kampung Definitif dan 2 Kampung Persiapan.Dabun gelang mempunyai potensi lahan pertanian, peternakan, industri rumahan dan UKM. Ada satu potensi yang di miliki oleh Kecamatan kami yaitu potensi wisata, kebetulan tahun ini melalui pembangunan infrastruktur sosialisasi wilayah kita mengusulkan pembukaan jalan menuju aih terjun Kendawi,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, pada tahun 2020 ini kecamatan Dabun Gelang akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilihan penghulu secara serentak pada tujuh Kampung, ia berharap kepada penghulu terpilih nanti bisa menyesuaikan RPJMD dengan RPJMK agar sejalan.

Sementara Kepala Bapeda Ibnu Hafid menyebutkan dasar kegiatan musrenbang adalah peraturan pemerintah no 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. Kemudian peraturan Menteri dalam negeri Nomor 86 Tahun 2017 dan kegiatan juga didasari oleh qanun Gayo Lues nomor 11 tahun 2019 tentang belanja dan pendapatan kabupaten tahun anggaran 2020.

“Musrenbang kecamatan akan di laksanakan selama 7 hari dimana pembukaan di mulai hari ini tanggal 17 Februari di Kecamatan Dabun Gelang dan Musrenbang terakhir (Penutup) akan dilaksanakan pada Tanggal 24 Februari di Kecamatan Pantan Cuaca,” ujarnya.

Humas Sekdakab Gayo Lues

Kontributor : Abdi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *